Jumat, 20 Desember 2013

Mengungkap Design Pattern Nexus One



Mengungkap Design Pattern Nexus One
Android sebagai pemimpin mobile os dengan market share 68% turut mengundang perhatian dunia terhadap mobile os yang disimbolkan dengan robot hijau yang satu ini. Hal ini banyak mengundang reaksi sangat positif bagi para vendor mobile device dalam memproduksi smartphone berbasis OS Android untuk meningkatkan eksistensinya di jagat gadget modern saat ini. Google menciptakan sebuah gagasan dalam menciptakan device bernama “Nexus” yang diproduksi oleh multi vendor seperti HTC, Samsung, LG dan ASUS dalam menciptakan keluarga Nexus dari generasi ke generasi. Keluarga Nexus saat ini terdiri dari beragam brand mulai dari Nexus One, Nexus Nexus S, Nexus Galaxy, Nexus S, Nexus 4, Nexus 5 dan Nexus 7 beserta Nexus 10 untuk lingkungan tablet. Langkah Google dalam mensukseskan Nexus terbilang sukses karena Nexus mampu menghadirkan smartphone dengan teknologi terkini berikut diimbangi dengan OS Android the latest version sebagai awalan Google mempromosikan versi terbarunya kepada masyarakat. Pada segi design Pattern kali ini saya akan mengulas segi design pattern pada Nexus One dan Nexus S. Untuk artikel saya selanjutnya saya akan menulis perbandingan design pattern antara Nexus 4 dengan Nexus 5 sebagai kandidat smartphone besutan LG.
1. NEXUS ONE
Nexus One adalah generasi pertama Nexus yang diproduksi oleh HTC. Rilis pada Januari 2010 dengan mengusung OS Eclair 2.1. pada Mei 2010 disediakan versi update ke generasi froyo dan selanjutnya mendapat versi update ke Gingerbread 2.3. dengan GPU Adreno 200 yang berakselerasi dengan engine UI Android Ice Cream Sandwich. Dari segi spesifikasi terlihat bahwa Nexus One menghadirkan smartphone bergaya elegan dengan balutan design yang anggun serta didukung oleh Google
Pada segi design Patern yang diusung oleh Nexus one. Pada tampilan menu telah didesign melalui tata letak yang baik yang dapat di ubah sesuaikan oleh keinginan user dalam meletakkan icon aplikasi tertentu. Pada tombol navigasi telah didefinisikan sebagai tombol option, home dan back. Pada tampilan notifications UI pada Nexus One bersifat informatif artinya task yang sedang berjalan akan diinformasikan melalui sebuah taskbar yang berada di layar atas untuk menginformasikan kepada user terkait task application yang sedang berjalan. Os di Nexus One mendukung kegiatan multitasking, anda dapat mengirim SMS, browsing web dan juga mengaktifkan fungsi GPS secara bersamaan.




Untuk menambah segi futuristik segi UI yang disampaikan kepada pengguna. Nexus one dibekali dengan widget yang interaktif. Tujuannya adalah untuk memberi informasi kepada pengguna melalui tools-tools tertentu yang ditampilkan pada layar depan sehingga memudahkan user dalam mendapat informasi yang tepat.
 
Untuk segi call function Nexus One dibekali dengan UI yang informatif dimana akan tersimpan history dalam kita bertelepon ataupun berkirim pesan dengan teman kita

Untuk urusan SMS Nexus One mengadopsi interface layaknya keyboard visual yang diadopsi pada keyboard komputer bersifat QWERTY. Untuk mengeksekusi tugas tersebut maka pengguna harus mahir menggunakan touchscreen tampilannya terbilang cukup baik. Dalam melakukan pengetikan layaknya mengetik pada keyboard pc.




Untuk urusan searching Google dan menggunakan layanan GPS untuk map. Nexus One menghadirkan kesan UI yang layaknya anda gunakan pada desktop anda terkesan sederhana, elegan namun informatif.
 untuk urusan body Nexus one mengusung layar 4 inch yang nyaman digenggam serta bodynya yang slim mencirikan smartphone yang anggun dalam balutan kesederhanaan dengan kolaborasi antara HTC dengan Google



Tidak ada komentar:

Posting Komentar