PEMANFAATAN E-COMMERCE
Di tengah kemajuan Teknologi
Informasi saat ini banyak kalangan masyarakat memanfaatkan banyak fasilitas TI
sebagai penunjang kebutuhan hidup sebut saja e-commerce yang merupakan gaya
hidup berdagang baik menjualkan atau membeli produk barang dan jasa melalui
fasilitas online yang disediakan. E-commerce saat ini telah menjadi gaya hidup
masyarakat modern definisi dari e-commerce sendiri adalah suatu sistem online
yang memungkinkan terjadinya sistem dagang baik penjualan maupun pembelian
secara online dengan menggunakan sistem transaksi tertentu seperti transfer
antar rekening bank, ketemuan langsung dsb. E-commerce dapat diterapkan melalui
website baik berbayar maupun gratis atau bisa juga melalui social media seperti
facebook dan juga twitter. Di dalam pelaksanaannya sang seller akan
mempostingkan produk-produk apa yang ingin ia jual kepada calon pembeli dengan
mencantumkan informasi terkait produk apa yang akan ia jual sehingga dapat
memikat hati konsumen melalui kualitas produk yang ditwarkan disini sang buyer
yang telah mengetahui hal tersebut akan melakukan proses pembayaran tergantung
dari mekanisme apa saja yang berlaku misalnya bisa melalui transfer ke rekening
lalu ketemuan ataupun cash on delivery. Di dalam pelaksanaannya e-commerce
terbagi ke dalam 3 kategori diantaranya sebagai berikut
1.
Business to Business (B2B)
2.
Business to Consumer (B2C)
3.
Consumer To Consumer (C2C)
1.
Business To Business
Adalah
mekanisme bisnis yang mana siklus transaksinya melibatkan antar perusahaan
tanpa melibatkan konsumen sehingga alur transaksi hanya dapat dilakukan oleh
perusahaan yang bersangkutkan contoh nya adalah alibaba
2. Business to Consumer
Mekanisme transaksi yang mana menjembatani antara
perusahaan kepada konsumen melalui penjualan produk dan jasa secara onlie
contohnya adalah biobses, erafone dll
Concumer To Concumer
Merupakan mekanisme bisnis yang melibatkan pelaku konsumen
dengan konsumen biasanya sang penjual dulunya merupakan konsumen yang ingin
menjual produk yang ia miliki kepada orang lain contohnya rumahku.com,
mobilku.com
Membangun Toko Online melalui
E-Commerce
Jika anda tertarik ingin membangun e-commerce sebagai penunjang
bisnis anda maka anda dapat membangun website untuk mengelolanya. Anda bisa
menggunakan jasa pihak lain untuk membangun website yang anda butuhkan atau
anda bisa membangun sendiri website yanganda perlukan dengan syarat anda
menguasai betul pembangunan website e-commerce pembangunannya bisa melalui
website berbayar atauput gratis seperti www.blogspot.com atau www.wordpress.com software pembentuk ecommerce ada
yang berbayar dan juga yang gratis seperti OsCommerce
Apa itu OsCommerce
OsCommerce merupakan solusi untuk membangun e-commerce yang
bersifat opensource. OsCommerce ini memiliki keunggulan diantaranya adalah
gratis, mudah digunakan, sangat mudah melakukan initial setup dan tidak sulit
untuk mengelola isi di dalamnya, mudah bagi administrator dalam mengelola
produk-produknya dan juga ada komunitasnya sehingga memudahkan user dalam
berbagi pengalaman.
Fitur-Fitur unggulan OsCommerce
1.
Customer
Functionality memudahkan konsumen dalam melihat semua history di dalam
pembelian. Basis data mengenai penjualan atas customer tersimpan rapi sehingga
konsumen dapat mengelola akunnya sendiri
2.
Product
Functionality berguna dalam menampilkan informasi produk yang dijual hingga
status barang berapa stok yang tersedia hingga informasi penting lainnya
3.
Payment
functionality menghadirkan sistem pembayaran baik secara online maupun offline
4.
Shipping
Functionality berfungsi mengkalkulasi berapa jumlah biaya yang harus pembeli
bayar terkait pengiriman barang yang menyangkut jumlah barang, berat total
sampai tujuan barang yang akan dikirim
5.
Tax
functionality berguna dalam menampilkan pajak
Yang diperlukan dalam membangun
OsCommerce
User wajib memiliki web browser,
database, wamp server dan juga phpmyadmin untuk melakukan konfigurasi dan
pengaturan databasenya
Yang perlu diperhatikan oleh pembeli
saat melakukan e-commerce
Saat pembeli hendak melakukan transaksi pembelian suatu
produk di e-commerce tentunya sang calon pembeli mempertimbangkan beragam aspek
baik apakah barang tersebut benar kualitasnya seperti yang diinformasikan,
apakah si penjual benar-benar jujur dalam bertransaksi, kapan barang tiba dan
masih banyak lagi kekhwatiran yang menghantui ada beberapa tips untuk pembeli melakukan transaksi online
1.
Pastikan
layanan ecommerce yang dikunjungi adalah layanan terpercaya dan benar-benar
jujur
2.
Selalu
perhatikan komentar-komentar yang ditestimonikan kepada penjual terkait
layanan-layanan yang dipostkan
3.
Pertimbangkan
spesifikasi barang yang hendak dibeli apakah berkualitas baik atau tidak
4.
Pertimbangkan
harga barang yang ditawarkan
5.
Hubungi
nomor sang penjual yang tercantum di dalam e-commerce
6.
Catat
baik-baik nomor rekening sang penjual atas nama siapa dan bank apa
7.
Bila
pembeli telah mentransfer uang kepada penjual segera konfirmasi sang penjual
untuk diproses kapan barang dikirim dan berikan alamat rumah anda secara
lengkap guna mendukung suksesnya terkirimnya barang bila perlu minta nomor resi
pengiriman
Semakin baik reputasi sang penjual
terhadap layanan e-commerce maka semakin baik pula kepercayaan yang diberikan
pembeli kepada penjualnya rasa saling percaya antara pembeli dan penjual sangat
penting dibangun untuk menjaga konsistensi keberhasilan e-commerce yang
menguntungkan antar pemebeli dan penjual berikut contoh aktivitas online yang
saya lakukan untuk membeli merchendise ARSENAL dari salah satu toko online
Tidak ada komentar:
Posting Komentar