Minggu, 28 April 2013

Pemanfaatan E-Commerce


PEMANFAATAN E-COMMERCE

Di tengah kemajuan Teknologi Informasi saat ini banyak kalangan masyarakat memanfaatkan banyak fasilitas TI sebagai penunjang kebutuhan hidup sebut saja e-commerce yang merupakan gaya hidup berdagang baik menjualkan atau membeli produk barang dan jasa melalui fasilitas online yang disediakan. E-commerce saat ini telah menjadi gaya hidup masyarakat modern definisi dari e-commerce sendiri adalah suatu sistem online yang memungkinkan terjadinya sistem dagang baik penjualan maupun pembelian secara online dengan menggunakan sistem transaksi tertentu seperti transfer antar rekening bank, ketemuan langsung dsb. E-commerce dapat diterapkan melalui website baik berbayar maupun gratis atau bisa juga melalui social media seperti facebook dan juga twitter. Di dalam pelaksanaannya sang seller akan mempostingkan produk-produk apa yang ingin ia jual kepada calon pembeli dengan mencantumkan informasi terkait produk apa yang akan ia jual sehingga dapat memikat hati konsumen melalui kualitas produk yang ditwarkan disini sang buyer yang telah mengetahui hal tersebut akan melakukan proses pembayaran tergantung dari mekanisme apa saja yang berlaku misalnya bisa melalui transfer ke rekening lalu ketemuan ataupun cash on delivery. Di dalam pelaksanaannya e-commerce terbagi ke dalam 3 kategori diantaranya sebagai berikut
1.      Business to Business (B2B)
2.      Business to Consumer (B2C)
3.      Consumer To Consumer (C2C)

1.    Business To Business
Adalah mekanisme bisnis yang mana siklus transaksinya melibatkan antar perusahaan tanpa melibatkan konsumen sehingga alur transaksi hanya dapat dilakukan oleh perusahaan yang bersangkutkan contoh nya adalah alibaba

  


2. Business to Consumer

Mekanisme transaksi yang mana menjembatani antara perusahaan kepada konsumen melalui penjualan produk dan jasa secara onlie contohnya adalah biobses, erafone dll





Concumer To Concumer
Merupakan mekanisme bisnis yang melibatkan pelaku konsumen dengan konsumen biasanya sang penjual dulunya merupakan konsumen yang ingin menjual produk yang ia miliki kepada orang lain contohnya rumahku.com, mobilku.com

 




Membangun Toko Online melalui E-Commerce
Jika anda tertarik ingin membangun e-commerce sebagai penunjang bisnis anda maka anda dapat membangun website untuk mengelolanya. Anda bisa menggunakan jasa pihak lain untuk membangun website yang anda butuhkan atau anda bisa membangun sendiri website yanganda perlukan dengan syarat anda menguasai betul pembangunan website e-commerce pembangunannya bisa melalui website berbayar atauput gratis seperti www.blogspot.com atau www.wordpress.com software pembentuk ecommerce ada yang berbayar dan juga yang gratis seperti OsCommerce

Apa itu OsCommerce
OsCommerce merupakan solusi untuk membangun e-commerce yang bersifat opensource. OsCommerce ini memiliki keunggulan diantaranya adalah gratis, mudah digunakan, sangat mudah melakukan initial setup dan tidak sulit untuk mengelola isi di dalamnya, mudah bagi administrator dalam mengelola produk-produknya dan juga ada komunitasnya sehingga memudahkan user dalam berbagi pengalaman.
Fitur-Fitur unggulan OsCommerce
1.      Customer Functionality memudahkan konsumen dalam melihat semua history di dalam pembelian. Basis data mengenai penjualan atas customer tersimpan rapi sehingga konsumen dapat mengelola akunnya sendiri
2.      Product Functionality berguna dalam menampilkan informasi produk yang dijual hingga status barang berapa stok yang tersedia hingga informasi penting lainnya
3.      Payment functionality menghadirkan sistem pembayaran baik secara online maupun offline
4.      Shipping Functionality berfungsi mengkalkulasi berapa jumlah biaya yang harus pembeli bayar terkait pengiriman barang yang menyangkut jumlah barang, berat total sampai tujuan barang yang akan dikirim
5.      Tax functionality berguna dalam menampilkan pajak

Yang diperlukan dalam membangun OsCommerce

User wajib memiliki web browser, database, wamp server dan juga phpmyadmin untuk melakukan konfigurasi dan pengaturan databasenya

Yang perlu diperhatikan oleh pembeli saat melakukan e-commerce
Saat pembeli hendak melakukan transaksi pembelian suatu produk di e-commerce tentunya sang calon pembeli mempertimbangkan beragam aspek baik apakah barang tersebut benar kualitasnya seperti yang diinformasikan, apakah si penjual benar-benar jujur dalam bertransaksi, kapan barang tiba dan masih banyak lagi kekhwatiran yang menghantui ada beberapa tips  untuk pembeli melakukan transaksi online
1.      Pastikan layanan ecommerce yang dikunjungi adalah layanan terpercaya dan benar-benar jujur
2.      Selalu perhatikan komentar-komentar yang ditestimonikan kepada penjual terkait layanan-layanan yang dipostkan
3.      Pertimbangkan spesifikasi barang yang hendak dibeli apakah berkualitas baik atau tidak
4.      Pertimbangkan harga barang yang ditawarkan
5.      Hubungi nomor sang penjual yang tercantum di dalam e-commerce
6.      Catat baik-baik nomor rekening sang penjual atas nama siapa dan bank apa
7.      Bila pembeli telah mentransfer uang kepada penjual segera konfirmasi sang penjual untuk diproses kapan barang dikirim dan berikan alamat rumah anda secara lengkap guna mendukung suksesnya terkirimnya barang bila perlu minta nomor resi pengiriman

Semakin baik reputasi sang penjual terhadap layanan e-commerce maka semakin baik pula kepercayaan yang diberikan pembeli kepada penjualnya rasa saling percaya antara pembeli dan penjual sangat penting dibangun untuk menjaga konsistensi keberhasilan e-commerce yang menguntungkan antar pemebeli dan penjual berikut contoh aktivitas online yang saya lakukan untuk membeli merchendise ARSENAL dari salah satu toko online 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar